Cara Mengolah Biji Coklat Dengan Hasil Penjemuran Kering dan Tidak Lengket

Sekarang Harga biji coklat kering sudah beranjak mahal, dan laku di pasaran, ketimbang biji coklat yang kering tapi masih lengket karena kadar gula masih ada. Dalam hal ini tentunya merugikan petani sendiri bila tidak bisa mengolah biji coklat dengan menjadi kering dan tidak lengket.

Baiklah disini kami akan beritahukan Cara Mengolah Biji Coklat Dengan Hasil Penjemuran Kering dan Tidak Lengket, memang sangat sederhana caranya.



Cara Mengolah Biji Coklat

Pertama : Ambil coklat yang sudah matang, lalu Kupas buah Coklat dan masukkan biji coklat ke tempat (ember) yang sudah disiapkan.

Kedua : Bila sudah selesai dalam pengupasan, lalu isi air secukupnya, Dan biar biji coklat terendam selama setengah jam.

Ketiga : Remas-remas biji coklat tersebut, sampai lendir-lendir di seitaran biji tidak terasa lagi.



Keempat : kemudian Tiriskan dan peras-peras biji coklat tersebut sampai air yang menempel di biji tersebut kering, Kemudian ulang dengan perendaman dengan beri air secukupnya pada biji coklat yang sudah di keringkan tersebut, kemudian di remas-remas dan tiriskan sampai kering.

Kelima : Bila sudah dua kali perendaman, sekarang tinggal jemur biji coklat tersebut ke terik matahari, bila sore hari belum kering dan masih lembab, lakukan penjemuran di dalam ruangangan dengan posisi sama persis seperti di bawah terik matahari, jangan di kumpulkan jadi satu, yaitu tetap berserak, hal ini berfungsi untuk menghindari pertumbuhan jamur, yang bisa merusak biji coklat, Dan mengakibatkan biji coklat menghitam (rusak).

Keenam : Lakukan Penjemuran hingga biji terasa kering, Biasa penjemuran Biji Coklat selama 3 hari bila cuaca terang atau panas.

Demikianlah Cara Mengolah Biji Coklat Dengan Hasil Penjemuran Kering dan Tidak Lengket, Semoga bermanfaat.



Previous Post

No more post

Next Post

No more post