Cara Mudah Kirim Foto Meteran Listrik PLN Lewat WhatsApp

Himbauan PT PLN (Persero) kepada pelanggan pascabayar untuk mengirimkan foto meteran listrik via WhatsApp atau pelaporan mandiri. Ini berkaitan dengan penangguhan pemeriksaan oleh petugas PLN selama pandemi Covid-19.

Dalam Hal ini PLN telah menyiapkan layanan melalui Whatsapp atau WA di nomor terpusat bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka stand dan foto kWh meter. Pelaporan angka meteran listrik dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses lapor meteran listrik melalui WhatsApp.

Laporan dari pelanggan yang dikirimkan lewat WA tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.

Berikut cara mengirimkan foto meteran listrik PLN via WA:

  • Hubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123 123
  • Ketik “Halo
  • Ketik : 2 (untuk melakukan baca meter mandiri Baca informasi yang muncul)
  • Masukan ID pelanggan (Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silakan ketik angka stand kWh meter)
  • Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas)
  • Selesai.

PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan pelanggan. Bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir.

Hal ini disebabkan karna banyak laporan masyarakat ke PLN, PLN telah membuka pengaduan terkait tagihan listrik sejak 7 Mei 2020 melalui Contact Center PLN 123 yang siap melayani 24 jam. Sejak dibuka khusus, PLN telah menyelesaikan 7.802 aduan pelanggan dari 9.076 aduan yang masuk. “Posko pengaduan ini merupakan komitmen PLN terhadap pelanggan sekaligus keseriusan PLN dalam menangani isu kenaikan tarif, serta untuk menjawab dan memberikan informasi yang akurat terkait tagihan pelanggan.

Next Post

No more post

You May Also Like