Cara Mudah Menyemai Pohon Kurma

Pohon Kurma memang tidak mustahil bisa hidup di indonesia, nyatanya banyak juga pohon kurma yang bisa tumbuh subur di Indonesia, Bahkan Bisa berbuah dengan lebat. pohon Kurma secara ilmiah dikenal sebagai Phoenix dactilifera atau date palm. Di dunia ini, Habitat asli pohon kurma adalah kawasan dengan iklim yang sangat ekstrim, yakni kering dan sangat panas.



Buah Kurma Tumbuh lebat di depan Rumah salah satu warga kota mataram NTB
Pohon kurma berumur 3 tahun
Pohon kurma berumur 1 tahun


Dengan adanya contoh di NTB, Ternyata Pohon Kurma bisa tumbuh dan berbuah lebat di Indonesia. Baiklah kali ini kita bahas Cara Mudah Menyemai Pohon Kurma, Dalam Hal ini ada beberapa hal yang sangat perlu di siapkan yaitu :

1. Menyiapkan Bibit Pohon Kurma

Pohon kurma yang mempunyai nilai jual tinggi adalah kurma ajwa atau safawi. kemudian ambilah biji kurma tersebut untuk bibit, sebab tanaman kurma ini berkembang biak dengan cara proses generatif.

  • Langkah pertama bersihkan dulu biji kurma dari daging kurma engan menggunakan pasir halus.
  • Langkah kedua dengan merendam biji kurma dengan pupuk buah atau zat tumbuh buah selama empat hari, dan ganti air dengan bertahap selama 24 jam sekali, agar menghasilkan tumbuh yang maksimal.
  • langkah ketiga sediakan tempat wadah dan beri tisu basah secukupnya, kemudian masukkan Biji kurma yang sudah direndam, ke wadah yang sudah di sediakan, dan tunggu sampai tumbuh akar kira-kira 2 minggu.

2. Media Tanah

Media tanah ini anda dapat melakukan campuran antara Pasir, Pupuk Kompos dan sekam Padi, engan perbandingan skala 2:1:1, Bila sudah siap aduk merata, masukan kedalam wadah atau polybag yang sesuai.

3. Penyiraman

Penyiraman ini hal yang sangat penting, sebab dengan penyiraman yang bagus akan berpengaruh sama tumbuhnya Tunas. Lakukan Penyiraman Pagi dan Sore

4. Atap Pelindung

Gunakan Atap pelindung yang berguna untuk melindungi tanaman langsung terkena sinar matahari.

Demikianlah Cara Mudah Menyemai Pohon Kurma, semoga bermanfaat.



Previous Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.