Tips Menyemai Tanaman Lada

Menyemai Tanaman Lada atau sering disebut Merica, kalau tau tipsnya memang mudah sekali, Tanaman Lada adalah Tanaman yang memanjat dan termasuk dalam famili Piperaceae, Baiklah disini akan kami bahas Tips Menyemai Tanaman Lada.



Dalam Menyemai tanaman Lada sangat di perlukan beberapa hal yaitu:

1. Bibit Tanaman Lada

Untuk Bibit Tanaman Lada, Induk Tanaman Lada yang bagus adalah Tanaman lada yang sudah berusia 10 Bulan sampai 3 tahun, sudah berbuah, Tampak Sehat, Berdaun Hijau, Bebas dari Hama dan Penyakit

Tanaman lada pada Umumnya mempunyai dua sulur yang tumbuh padanya, yaitu sulur panjat dan sulur cabang buah. Maka disini ada dua macam yang bisa di jadikan bibit untuk di semai, Tinggal pilih mau untuk tanaman lada yang memakai tiang lanjar atau tidak.

Bila kita ingin menanam lada yang memakai tiang lanjar, Maka Bibit yang harus di gunakan adalah Sulur Panjat. Sedangkan Bila kita menanam tanaman Lada yang tidak perlu memakai Tiang Lanjar maka kita pilih Sulur cabang Buah, dan sering disebut Tanaman Lada Perdu.

Baiklah disini akan kami jelaskan tentang sulur panjat, Sulur panjat adalah sulur yang menempel pada tiang lanjar sampai ke pucuknya. Sedangkan Sulur cabang Buah adalah sulur cabang tanaman lada yang bakal tumbuh buah dan kembang.



2. Cara Pemotongan Sulur Bibit

Cara pemotongan bibit Tanaman lada adalah di tengah-tengah antara ruas dan ruas, Berjarak antara dua jengkal tangan orang dewasa. Dan Buang dulu daun-daun yang paling bawah tangkai, Supaya saat menanam di polybag mudah dan gampang.

3. Media Tanah dan Pupuk

Inilah media yang sangat dibutuhkan dalam bertanam, yaitu Media tanah dan Pupuk, Tanpa dua media ini gimana Tanaman lada mau tumbuh. Dalam hal ini kita sediakan Tanah dan Pupuk dengan ukuran 1 : 1, yaitu 1 ember tanah dan 1 ember pupuk.

Gunakan Pupuk kandang seperti dari kotoran Sapi atau kotoran Ayam, yang sudah di permentasi selama 1 minggu atau lebih, dan pupuk tersebut sudah benar-benar kering.

Gabungkan kedua media tersebut Tanah dan Pupuk menjadi satu dan benar-benar tercampur dengan merata.

4. Media Polybag

Media Polybag juga sangat mempengaruhi perkembangan Bibit tanaman lada, Gunakan Polybag yang sesuai yaitu tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, bisa dilihat seperti gambar berikut :

5. Penyiraman

Penyiraman juga hal yang sangat penting, hal ini sangat membantu cepatnya tumbuh akar. Penyiraman dapat dilakukan dua kali dalam sehari, waktu yang tepat adalah pada waktu pagi dan sore hari.

6. Pelindung Bibit Tanaman Lada

Cahaya Matahari memang sangat dibutuhkan pada Tanaman, Akan tetapi Tidak untuk Bibit Tanaman Lada, Sebab Bibit Tanaman lada belum tumbuh akar bila terpapar langsung sinar matahari Bibit tanaman akan layu dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Demikianlah hal-hal yang sangat diperlukan dalam Menyemai Tanaman Lada, Semoga bermanfaat.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.